Minggu, 20 Juni 2010

Rahasia Ayam Makan Kerikil

Apakah kerikil bisa membuat ayam menjadi gemuk????? Tentu saja tidak.
Kerikil adalah tanah yang membatu. Kerikil tidak mengandung zat-zat yang dibutuhkan mahluk hidup seperti karbohidrat, protein, atau lemak. Namun, kerikil membantu ayam tumbuh lebih gemuk. Kok bisa?????
Makanan ayam adalah biji-bijian seperti jagung dan beras. Biji-bijian yang dimakan ayam masih mentah dan keras. Sayangnya, ayam tidak bisa memasak biji-bijian agar empuk seperti yang dilakukan manusia. Namun, ayam punya cara unik untuk makan biji-bijian yang keras. Kamu tahu kan, isi perut ayam yang bernama ampela? Ampela adalah alat pencernaan ayam yang bertugas menghancurkan makanan ayam. Ampela memiliki otot yang sangat kuat untuk meremas biji-bijian. Namun, ampela kadang tidak kuat meremas biji yang keras. Oleh karena itu, ayam makan kerikil. Jika ada kerikil di ampela, maka biji-bijian bisa hancur lebih halus. Kalau makanan hancur lebih halus, maka zat makanan lebih banyak diserap tubuh ayam. Ayampun jadi lebih sehat dan gemuk.
kerikil kadang terbawa keluar bersama kotoran ayam. Ajaibnya, ayam tahu harus makan kerikil lagi ketika ampela kekurangan kerikil.
hihihi.....

sumber: bobo edisi 10 tahun xxxviii, dgn sedikit perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar