Kamis, 24 Juni 2010

Perbedaan Teratai dan Lotus

Teratai

Teratai berdaun bulat, tumbuh melebar dan mengapung diatas permukaan air. Itu cirri-ciri khas teratai. Nama ilmiah dari teratai adalah Nymphaea. Teratai sering kali dijadikan lambang kesucian dalam budaya Cina, Mesir, Yunani, dan India. Kenapa? Konon, itu karena teratai bisa tetap berbunga indah, walaupun hidup dalam lumpur yang kotor. Menurut cerita, asal teratai dari Mesir. Zaman dahulu, teratai banyak tumbuh di sungai Nil.
Awalnya bunga teratai tidak punya bayak warna. Namun kini, warna teratai sangat beragam. Banyak orang yang menyilang-nyilangkan warna teratai. Sehingga hasilnya sangat indah ada yang merah muda keunguan, putih kuning, dan banyak lagi. Saat mekar, diameter bunga teratai bisa mencapai 25 cm. Kelopak bunga teratai jumlah banyak.



Lotus

Nama ilmiah lotus adalah Nelumbo nucifera. Mau tahu perbedaan yang paling jelas diantara lotus dan teratai? Lotus tumbuh meninggi tidak melebar seperti teratai. Warna bunga lotus juga tidak sebanyak teratai. Yang paling sering terlihat adalah kuning, putih, dan merah muda. Kelopak bunga lotus juga besar tidak bertumpuk-tumpuk seperti teratai. Saat mekar, bunga lotus akan tumbuh menjulang tinggi diatas tangkai. Bunga lotus akan mekar paling lama 4 hari saja.
Oya, daun-daun lotus tidak mengapung dipermukaan air seperti daun teratai. Tinggi tangkai lotus bisa mencapai lebih dari 1 meter, lo!



Sumber: Bobo edisi 07, thn xxxviii. Dengan sedikit perubahan dan tambahan foto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar